Rabu, 07 November 2012

tugas 1 metodologi penelitian pendidikan



Tugas Individu
Pengertian dan Jenis-jenis
“Metodologi Penelitian Pendidikan”
Nama               : Fatmayanti PL
Nim                 : 10540 0419510
Kelas               : V A

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013



KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah Swt atas segala rahmat dan karunia-Nya yang di berikan pada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berbentuk makalah dengan judul Pengertian dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan .
Penyusunan makalah ini, dibuat dengan proses yang cukup singkat, dari memahami konsep metodologi penelitian pendidikan yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang ada. Pembahasan dalam makalah ini difokuskan pada pengertian dan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan .
Semoga makalah yang saya buat ini bermanfaat bagi kita semua yang ingin mendalami secara bertahap tentang pengertian dan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan. ucapan terima kasih disampaikan kepada yang telah memberikan dukungan kepada saya sehingga dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berbentuk makalah ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

                                                                                    Makassar, 15 Oktober 2012

                                                                                    Penulis



 

DAFTAR ISI
Halaman
Sampul ..........................................................................................................            
Kata Pengantar..............................................................................................             i
Daftar Isi .......................................................................................................             ii
BAB I    Pendahuluan ..................................................................................             1
A.    Latar Belakang................................................................................             1
B.     Rumusan Masalah ..........................................................................             2
BAB II  Pembahasan....................................................................................             3
A.    Pengertian Meteodologi Penelitian Pendidikan .............................             3
B.     Tujuan Penelitian............................................................................             4
C.     Jenis-jenis Meteodologi Penelitian Pendidikan .............................             6
BAB III Penutup...........................................................................................             8
A.    Kesimpulan...............................................................................             8
B.     Saran.........................................................................................             8
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................             9







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penelitian adalah suatu proses mencari tahu sesuatu secara sistematis dalam waktu yang relatif lama dengan menggunakan metode ilmiah serta aturan-aturan yang berlaku. Berdasarkan metodenya, penelitian dibagi menjadi tiga jenis yaitu penelitian sejarah, penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen
Penelitian dapat dimulai dari hasrat atau keingintahuan dan permasalahan, yang dapat dilanjutkan dengan pengkajian landasan teoritis yang terdapat dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau hipotesis. Selanjutnya direncanakan dan dilakukan pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang akan diperoleh kesimpulan dan jawaban permasalahan. Dalam proses pemecahan masalah dan dari jawaban permasalahan tersebut akan timbul permasalahan baru,  sehingga akan terjadi siklus secara berkesinambungan.
Oleh karena itu, dalam penelitian pendidikan kita harus mampu mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpulkan dan menghasilkan suatu data dengan menggunakan metode-metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.



B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah metodologi penelitian pendidikan itu?
2.      Apakah tujuan penelitian?
3.      Apa saja jenis-jenis meteodologi penelitian?


















BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan Penelitian digunakan sebagai padanan research dalam bahasa Inggris(re berarti kembali,dan search berarti mencari) dengan demikian research berarti mencari kembali. Kata research berasal dari bahasa latin reserare yang berarti mengungkapkan atau membuka. Kata ini juga diindonesiakan menjadi riset. Jadi research diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang masih belum ditemukan, dianggap sudah ada atau tersembunyi dialam yang hanya memerlukan pengungkapannya”.(Suhartono, 2000)
Metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan yang di lakukan secara sistematis, dan direncanakan oleh para peneliti untuk memecahkan suatu permasalahan yang hidup dan berguna bagi masyarakat, maupun bagi peneliti itu sendiri. Metodologi penelitian juga suatu alat yang berguna untuk mengembangkan dan menerangkan ilmu pengetahuan manusia. (Sukardi:2003:17)
Penelitian merupakan suatu kegiatan mencermati dan menganalisis suatu objek, dengan menggunakan aturan-aturan meteodologi untuk memperolah suatu data atau informasi tertentu yang sangat bermanfaat. Penelitian juga berfungsi untuk menemukan, mengembangkan, menghasilkan, atau menguji kebenaran suatu pengetahuan yang memiliki kemampuan deskripsi dan prediksi. (Arikunto, dkk,2002:53)
Penelitan pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpulkan dan menghasilkan suatu data dengan menggunakan metode-metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.( Hadi:1998)
“Metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”. (Sugiono:2009)

2.      Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian bertujuan untuk menemukan, menganalisis mengembangkan dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan.
  • Penemuan
Penemuan disini berarti mendapatkan sesuatu yang baru untuk mengisi kekurangan atau kekosongan atau menciptakan sesuatu yang sebelumnya belum ada dan mampu mengembangkan sesuatu yang baru itu, sehingga menjadi seuatu penemuan yang berguna.


  • Pembuktian
Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
  • Pengembangan
Pengembangan berarti memperluas, dan menggali lebih dalam realitas atau problem –problem yang sudah ada.( Kartono:1996)
“Sedangkan pendapat lain menyatakan dari segi tujuannya aktifitas penelitian secara umum dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi, Deskripsi, dan Eksplanasi
a.       Penelitian eksplorasi bertujuan untuk :
  • Semata-mata ingin memuaskan rasa atau hasrat ingin tahu agar memperoleh pemahaman lebih jelas tentang peristiwa social yang terjadi.
  • Memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti,careful study
  • Mengembangkan metode –metode yang hendak digunakan dalam penelitian yang lebih teliti
b.      Penelitian deskripsi
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan secara teliti (accurately and precisely) tentang karakteristik yang sangat luas dari populasi.
c.       Penelitian eksplanasi
Penelitian eksplanasi dikenal sebagai penelitian yang bertujuan untuk memberikan eksplanasi yakni mengungkapkan hubungan antara dua orang atau lebih konsep variabel dari suatu fenomena social”. (Hamidi:2007)


3.      Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
“Penggolongan jenis-jenis penelitian itu sangat bergantung pada peristiwa dari mana seseorang hendak meninjau persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
a.       Ditinjau dari segi tujuan esensialnya, penelitian dibedakan dalam dua macam, yaitu:
  • Penelitian dasar atau basic research, penelitian ini bertujuan menemukan suatu generalisasi atau keumuman, dan berusaha menemukan teori-teori yang berlaku secara umum.
  • Penelitian penerapan atau applied research, penelitian ini diarahkan pada penggunaan secara praktis dibidang kehidupan sehari-hari.
b. Penggolongan menurut bidangnya, antara lain ialah: penelitian-penelitian pendidikan, sejarah, ekonomi, bahasa tehnik dan lain-lain.
c.       Penggolongan menurut tempat dilaksanakan penelitian, yaitu:
  • Penelitian laboratorium, dilakuakn dalam suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah.
  • Penelitian lapangan, dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya.
  • Penelitian kepustakaan, bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan.
d.      Penggolonan menurut tujuan umum dibagi dalam:
  • Penelitian eksploratif.
  • Penelitian pengembangan.
  • Penelitian verivikatif.
e.       Pengelolaan menurut tarafnya dibagi menjadi:
  • Penelitian deskriptif.
  • Penelitian inferensial, untuk busa menarik kesimpulan umum.
f.       Penggolongan menurut proses berlangsungnya prosedur penelitian, yaitu:
  • Penelitian histories documenter.
  • Penelitian eksperimental.
g.      Penggolongan menurut jenis aktivitas yang dilakukan yaitu:
  • Penelitian penemuan fakta.
  • Interpetasi kritis.
  • Penelitian lengkap”. (Kartono:1996)


















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Banyak jalan yang dapat ditempuh oleh para pendidik atau seorang guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan profesinya, sedikitnya ada lima cara dan salah satunya adalah kegiatan penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Sedangkan penelitian merupakan salah satu dari kegiatan penulisan KTI yang banyak di minati oleh para guru dalam meningkatkan profesinya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan seorang guru untuk meningkatkan profesinya ialah dengan melakukan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian dari berbagai jenis penelitian yang ada seperti, penelitian eksperimen dan penelitian kulitatif. Namun PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat dan strategis untuknperbaikan proses pembelajaran yang permasalahannya banyak di alami oleh para tenaga pendidik dan kependidikan.
B.     Saran
Dengan membiasakan diri merespons permasalahan yang sering muncul di lingkungan sekitar atau di lingkungan kerjanya dan adanya upaya untuk mengatasinya, niscaya akan mampu meningkatkan kualitas pendidik, dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan akan lebih mudah tercapai.


DAFTAR PUSTAKA

Soehartono, Irawan. 2000. Metode Penelitian Social. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html . 15 Oktober 2012
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. http://diecahyouinyogya.blog.com/metode-penelitian-pendidikan/. 15 Oktober 2012


Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html. 15 Oktober 2012
Kartono, kartini. 1996. Pengantar Metodologi Riset Social. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html. 15 Oktober 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar