KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat
dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Nabi Muhammad SAW.
Makalah yang saya susun ini, berisi tentang pengertian
metodologi penelitian pendidikan dan jenis-jenis penelitian, semoga makalah ini
sangat bermanfaat bagi para pendidik untuk menambah wawasan khususnya dalam
bidang penelitian.
Penulisan makalah ini tidak luput dari hambatan dan
kesulitan bila tanpa bimbingan, dorongan, saran, kritik dan bantuan dari
berbagai pihak yang berkaitan dengan penulisan makalah ini. Untuk itu pada
kesempatan kali ini saya mengucapkan rasa terima kasih bagi semua pihak yang
telah membantu, atas bantuan baik materil dan moril sehingga makalah ini dapat
terselesaikan.
Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan mereka dan
senantiasa melimpahakan pahala yang sebesar – besarnya. Harapan penulis semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik masa kini maupun masa akan
datang. Kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sangat
diharapkan.
Makassar, 18 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Sampul…………...……………………………………………
Kata Pengantar…………………………………………………………
Daftar Isi ………………………………………………………………….
|
i
|
||
ii
|
|||
iii
|
|||
Bab I
|
Pendahuluan………………...……………………………….
A.
Latar Belakang…………………………………………………..
B.
Rumusan Masalah……………………………………………….
|
1
1
1
|
|
Bab II
|
Pembahasan……………………………………………………...
A.
Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan…………………..
B.
Jenis-Jenis Penelitian…………………………………………….
|
2
2
3
|
|
Bab III
|
Penutup…………………………………………………………….
|
6
|
|
|
A.
|
Kesimpulan…………………………………………
|
6
|
|
B.
|
Saran………………………. …………….................................
|
7
|
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………………. 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Penelitian merupakan salah satu hal terpenting dalam
dunia pendidikan. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa seorang mahasiswa
dapat menyelesaikan studi akhirnya jika ia telah melakukan penelitian. Tidak
hanya mahasiswa yang melakukan penelitian,dosen pun juga melakukan penelitian, baik
yang sifatnya mandiri ataupun yang bersifat kolaboratif.
Saat ini banyak kita lihat mahasiswa ataupun dosen
yang melakukan penelitian di kelas, di perpustakan,dan di laboratorium. Sebagai
seorang mahasiswa, jika kita ingin melakukan penelitian dalam bidang
pendidikan, kita harus mengetahui terlebih dahulu metodologi penelitian yang
akan kita gunakan dan jenis-jenis penelitian apa yang ingin kita lakukan. Misalnya,kita
ingin melakukan penelitian tindakan kelas, maka kita harus mengetahui bahwa
penelitian tindakan kelas itu termasuk dalam jenis penelitian berdasarkan
sifat-sifat masalahnya.
Untuk lebih memahami apa itu metodologi penelitian
dan jenis-jenis penelitian pendidikan akan dijelaskan pada pembahasan.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dalam
makalah ini adalah:
1.
Apakah sebenarnya pengertian metodologi
penelitian pendidikan?
2.
Bagaimanakah jenis-jenis penelitian
berdasarkan sifat-sifat masalahnya?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Metodologi berasal dari
dua kata,yaitu “Methodos” dan “Logos”.Secara etimologis “Methodos” berarti cara
atau teknik dan “Logos” artinya ilmu.Jadi, metodologi merupakan ilmu tentang
cara atau teknik untuk melakukan sesuatu. ( Rianto:2010 )
Sedangkan penelitian
berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Research”. Kata “Re” artinya kembali dan
kata “Search” artinya mencari. Jadi, penelitian atau riset artinya mencari
kembali.( Hadi,dkk.1998:9 )
Menurut David H.Penny
dalam Narbuko,dkk ( 2012:1 ), penelitian adalah kegiatan menyelidiki berbagai
jenis masalah yang dilakukan secara sistematis dan logis dengan mengumpulkan
dan menafsirkan fakta-fakta untuk memperoleh pemecahannya. Sistematis,artinya
dilaksanakan secara runtut sesuai dengan prosedur ilmiah sedangkan logis, artinya
sesuai dengan logika berpikir ilmiah dan didukung teori.
J.Suprapto dalam
Hadi,dkk ( 1998:10 ), penelitian adalah
percobaan yang dilakukan secara ilmiah dalam suatu bidang ilmu tertentu untuk
mendapatkan prinsip-prinsip baru.
Selain itu,penelitian dapat
diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk
menemukan,mengembangkan,dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan.
“Penelitian
pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis,
dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data
dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang
timbul dalam bidang pendidikan”. ( Hadi,1998:12 )
·
Dilakukan secara sistematis, artinya
sesuai dengan prosedur ilmiah.
·
Logis, artinya logika berpikir ilmiah
dan didukung teori.
·
Berencana, artinya dirancang dengan
sengaja.
Berdasarkan
pengertian di atas,maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan
dapat diartikan sebagai “cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan
tujuan dapat ditemukan,dikembangkan, dan dapat dibuktikan suatu pengetahuan
tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami,memecahkan, dan
mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”. ( Sugiono dalam Rianto:2010 )
B.
Jenis-Jenis
Penelitian Pendidikan
Jenis-jenis penelitian menurut
sifat-sifat masalahnya,antara lain:
1. Penelitian
Historis ( Historical Research )
Penelitian
historis berhubungan dengan aspek yang berlangsung di masa lampau. Penelitian
historis dapat dilakukan dengan mengumpulkan data dari seorang individu yang
hidup pada masa itu dengan cara menginterview individu tersebut. Selain itu, data
juga dapat diperoleh melalui penelitian dokumen. ( Sofa:2011 )
Penelitian
historis bertujuan untuk membuat rekonstruksi yang terjadi pada masa lampau
yang dilakukan secara sistematis dan objektif. ( Hadi,dkk.1998:50 )
2. Penelitian
Deskriptif ( Descriptive Research )
Penelitian
deskriptif merupakan penelitian yang memberikan gambaran terhadap suatu gejala,
peristiwa, dan kejadian actual yang terjadi saat sekarang yang dilakukan secara
sistematis dan cermat. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk memperoleh
pemecahan mengenai masalah-masalah yang tengah dihadapi saat ini. ( Hadi dkk,1998:50
)
3. Penelitian
Perkembangan ( Development Research )
Penelitian
perkembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu bentuk dan
urutan pertumbuhan dan perubahan sebagai fungsi waktu. ( Dompet:2012 )
4. Penelitian
Kasus dan Penelitian Lapangan ( Case Study and Field Research )
Penelitian
kasus dan penelitian lapangan merupakan penelitian yang bertujuan untuk
mempelajari secara intensif dan terperinci tentang latar belakang keadaan
sekarang yang dipermasalahkan dengan memusatkan perhatian penuh. ( Narbuko,dkk.2012:46
)
Alat
yang dipergunakan dalam penelitian ini berisi tentang pedoman interview yang
dapat berkembangsesuai dengan situasi yang ada di lapangan. (
Prasetyo,dkk.2008:49-50 )
5. Penelitian
Korelasional ( Correlational Research )
Tujuan
penelitian korelasional adalah untuk menganalisis tingkat keterkaitan anatara
variasi suatu factor dengan variasi lain sesuai dengan koefisien korelasi. ( Sofa:2011
)
6. Penelitian
Kausal Komparatif ( Causal Comparative Research )
Penelitian
kausal komparatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis
kemungkinan hubungan sebab-akibat yang dilakukan dengan observasi terhadap
suatu data dari factor yang diduga menjadi penyebab gejala yang diselidiki
setelah peristiwa yang dipermasalahkan telah terjadi.Penelitian kausal
komparatif memiliki persamaan dengan penelitian eksperimen. ( Hadi,dkk.1998:52 )
7. Penelitian
Eksperimental Sungguhan ( True Experimental Research )
Penelitian
eksperimental sungguhan bertujuan untuk mencari kemungkinan hubungan sebab
akibat dengan melakukan kontrol secara ketat. Kontrol yang dimaksud adalah
tindakan yang dilakukan untuk mengatasi gejala yang akan muncul. ( Wibowo:2012
)
8. Penelitian
Eksperimental Semu ( Quasi Experimental Research )
Penelitian
eksperimental semu merupakan penelitian yang hanya dapat mengontrol beberapa
variable saja. Di dalam penelitian ini si peneliti tidak dapat menggunakan
kontrol secara ketat. ( Dompet:2012 )
9. Penelitian
Tindakan ( Action Research )
Penelitian
tindakan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengadakan suatu perbaikan
terhadap suatu kinerja yang dilaksanakan. salah satu contoh penelitian adalah
penelitian tindakan kelas. ( Sanjaya,2009:25 )
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
1. Penelitian
pendidikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara ilmiah dengan
menggunakan suatu metode tertentu untuk mencari jawaban tertentu untuk mencari
jawaban atas masalah yang timbul dalam bidang pendidikan.
2. Jenis-Jenis
Penelitian Pendidikan
Jenis-jenis
penelitian menurut sifat-sifat masalahnya,antara lain:
a) Penelitian
Historis ( Historical research )
b) Penelitian
Deskriptif ( Descriptive research )
c) Penelitian
Perkembangan ( Development research )
d) Penelitian
Kasus dan Penelitian Lapangan ( Case Study and Field Research )
e) Penelitian
Korelasional ( Correlational Research )
f) Penelitian
Kausal Komparatif ( Causal Comparative Research )
g) Penelitian
Eksperimental Sungguhan ( True Experimental Research )
h) Penelitian
Experimental Semu ( Quasi Experimental Research )
i)
Penelitian Tindakan ( Action Research )
B.
Saran
Sebagai seorang
mahasiswa kita harus mengetahui metodologi penelitian pendidikan dan jenis
jenis penelitian pendidikan, sehingga kelak kita mampu merancang suatu
penelitian yang sesuai dengan prosedur ilmiah.
Dalam hal penyusunan,makalah
ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan.Hal ini disebabkan karena segala
keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Oleh karena itu,penyusun mengharapkan
segala kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan dan kelengkapan
makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Dompet. 2012. Macam-Macam Metode Penelitian. http://omdompet.blogspot.com
/2012/07/macam-macam-metode-penelitian.html. Di akses 15 Oktober 2012
Hadi,
Amirul dan Haryono. 1998. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Narbuko,
Cholid dan Abu Achmadi. 2012. Metodologi
Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetyo,
Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2008.Metode
Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Rianto,
Slamet. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.
http://mbegedut.blogspot.com
/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.11 Oktober 2012
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sofa, Pakde. 2011. Jenis-Jenis Penelitian
Pendidikan. http://belajarpsikologi.com
/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian pendidikan/.15 Oktober 2012
Wibowo,Teguh.2012 .Jenis-Jenis Metode Penelitian
Pendidikan. http://sinau-ok.blogspot.com/2012/01/jenis-jenis-penelitianpendidikan.html.15 Oktober 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar