Rabu, 07 November 2012

tugas 1


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Metodologi penelitian merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan suatu kesimpulan dengan menganalisis data atau sampel yang ada.
Metodologi penelitian pendidikan dapat digunakan untuk mengetahui atau memecahkan masalah yang akan diteliti. Tentu saja hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Metodologi penelitian pendidikan akan digunakan bagi kita sebagai mahasiswa untuk membantu dalam penyusunan skripsi nanti.

B.     Rumusan Masalah
Pertanyaan yang akan dibahas dalam makalah ini,
1.      Pengertian metodologi pendidikan?
2.      Jenis metodologi pendidikan?

 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
“Menurut bahasa, metodologi penelitian berasal dari kata “metode” yang berarti cara yang tepat untuk melakukan sesuatu; dan “logos” yang berarti ilmu atau pengetahuan. Jadi metodologi  bisa diartikan sebagai cara untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Secara etimologi, penelitian berasal dari bahasa Inggris research (re berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan demikian research dapat berarti mencari kembali.  Jadi, penelitian adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan suatu urutan yang sistematis” (Juliati : 2011).
Metode penelitian memiliki definisi yang berbeda-beda menurut para ahli, ada yang menjabarkannya secara sederhana dan ada yang secara lebih rumit, salah satu definisi metodologi menurut ahli seperti yang diutarakan oleh Sugiyono
“Metode penelitian adalah merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu, data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris (teramati) dengan kriteria valid,reliabel dan obyektif.secara umum penelitian ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan,pembuktian,dan pengembangan.Metode Penelitian dapat dikelompokkan menjadi tiga : metode penelitian Kuantitatif, metode Penelitian kualitatif dan metode penelitian Kombinasi.”( Sugiyono 2011:9 dalam Rieajah)
Berdasasrkan pengertian yang telah dituliskan diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa metode penelitian adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang semuanya dilakukan secara ilmiah.
B.     Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai jenis metode. Metode yang akan dipakai tergantung dari tujuan, bidang ilmu, pendekatan, sifat masalah yang mungkin timbul saat penelitian dan alternatif yang mungkin akan digunakan.

1. Penelitian Ditinjau dari Tujuan
a. Penelitian Eksploratif, apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu dapat menggunakan penelitian ini.
b. Penelitian Developmental dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c. Penelitian Verifikatif bertujuan untuk mengetahui kebenaran hasil penelitian yang lain.

2. Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
a. Pendekatan Longitudinal Pada metode ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan
b. Pendekatan Cross-sctional Metode ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit (Azwar :2011)

3. Jenis-Jenis metodologi penelitian dapat juga dibagi berdasarrkan sifat dan jenis data seperti :
a.       Penelitian Opini, adalah penelitian terhadap fakta berdasarkan opini-opini dari data (responden).
b.      Penelitian Empiris, penelitian terhadap fakta empirisyang diperoleh berdasarkan observasi atau pengalaman.
c.       Penelitian Arsip, penelitian terhadap fakta tertulis atau berupa arsip data. (Sangadji, dkk. 2010: 20)
4. Jenis penelitian ditinjau berdasarkan pemakaiannya
Hasil penelitian dapat dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi terori serta memecahkan masalah. Atas dasar tinjauan ini penelitian dapat dibedakan menjadi :
a. Penelitian penelitian murni (pure research atau basic research)
Penelitian murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan dengan maksud hasil penelitian tersebut dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi teori-teori ilmiah.
b. Penelitian terapan (applied research).
Penelitian terapan adalah ragam penelitian dimana hasilnya diterapkan berkenaan dengan upaya pemecahan masalah .

5. Jenis  Penelitian Berdasarkan Tujuan Umumnya
Berdasarkan tujuan umumnya, penelitian dibedakan menjadi : penelitian eksploratif, penelitian pengembangan, dan penelitian verifikatif.
a. Penelitian eksploratif, adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengekplorasi fenomena yang menjadi sasaran penelitian.
b. Penelitian pengembangan (developmental research), adalah penelitian yang dilakukan untuk mengembangan suatu konsep atau prosedur tertentu.
c. Penelitian verifikatif, merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan membuktikan kebenaran suatu teori pada waktu dan tempat tertentu. (Kuntjojo:2009)

 
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Metodologi pendidikan  adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang semuanya dilakukan secara ilmiah
Metodologi penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berdasarkan tinjauan, pendekatan, jenis data, pemakaian dan tujuannya.
B.     Saran
Penyusun membuka pintu saran terhadap para pembaca untuk makalah ini agar kedepannya makalah ini bisa menjadi lebih baik.

 
DAFTAR PUSTAKA
Juliati, Sefmimi.2011. pengertian metodologi penelitian, berfikir, bersikap ilmiah serta urgensinya. http://sefmimijuliati.wordpress.com/2011/09/29/pengertian-metodologi-penelitian-berfikir-bersikap-ilmiah-serta-urgensinya/ 15 Oktober 2012
Rieajah.2012.Metode Penelitian (Tugas Rie mata kuliah Metode Penelitian). http://rieajah.wordpress.com/2012/01/07/metode-penelitian-tugas-rie-mata-kuliah-metode-penelitian/ 15 Oktober 2012

Azwar, Sahlan.2011. Macam-macam metode penelitian. http://sahlanazha.blogspot.com/2012/04/macam-macam-metode-penelitian.html.15. 15 Oktober 2012


Sangadji, Etta Mamang,Sopiah.:2010.Metodologi Penelitian : Pendekatan Praktis Dalam Penelitian.Yogyakarta : Penerbit Andi
Kuntjojo.2009.Metodologi Penelitian. http://luluvikar.files.wordpress.com/2008/04/research-metodologi-penelitian.pdf. 15 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar