Selasa, 06 November 2012

TUGAS 2 (SOAL METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN)


NAMA            : FITRIANI
NIM                : 105400416110
NO.URUT      : 1
Tugas 2
1.      Golongkan 6 penelitian yang mana termasuk penelitian kuantitatif dan kualikatif?
Jawab  :
a.       Kuantitatif
1.      Penelitian Survei
2.      Penelitian tindakan
3.      Studi korelasional
4.      Penelitian Eksperimen
b.      Kualikatif
1.      Studi kasus
2.      Penelitian deskriptif
2.      Jelaskan yang dimaksud dengan variable terikat dan variable bebas?
Jawab  :
a.       Variable bebas (independent variables) variable ini juga disebut variable masukan (input), yang dimanipulasi, diberi perlakuan (treatment) atau dorongan (stimulus). Disebut demikian karena variable ini “bebas” dari hasil itu sendiri, bahkan dianggap sebagai menyebab, mengakibatkan, atau mempengaruhi hasil tersebut. Variable bebas (independent variables) sering juga dikatakan sebagai variable yang menyebabkan ataau mempengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.
b.      Variabel terikat atau tergantung (dependent variables) variable ini juga disebut sebagai variable hasil (output), akibat (outcome), atau tanggapan, jawaban (response). Disebut demikian karena variable ini “tergantung” pada variable bebas; hasil atau akibat tersebut dapat dianggap tergantung pada bagaimana variable bebas tersebut ditangani atau dimanipulasi. Variabel terikat atau tergantung (dependent variables) sering juga dikatakan sebagai faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variable bebas, yaitu faktor yang muncul atau tidak muncul atau berubah sesuai dengan yang dikenakan.
3.      Berikan satu contoh yang ada variabel bebas dan variabel terikat dan alasannya?
Jawab  :
  Judul: Kemampuan berbicara siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki
Variabel bebas        :siswa perempuan cenderung lebih pintar berbicar dibanding siswa laki-laki
Variabel terikat       :walaupun siswa perempuan cenderung lebih pintar, tetapi tidak selamanya siswa laki-laki tidak pintar.
Alasanya                 : alasan saya mengambil judul ini yaitu “ Kemampuan Berbicara Siswa Perempuan Lebih Tinggi Daripada Siswa Laki-laki” karena judul ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat. Kemampuan berbicara perempuan dikatakan lebih tinggi karena biasanya dari kecil perempuan lebih cepat bisa berbicara disbanding laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar