Rabu, 07 November 2012

TUGAS I (PENGERTIAN DAN JENIS METODOLOGI)


Pengertian dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan


Oleh :
Ismi Widyahsari Tamrin
10540 04166 10

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
2012

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karuniaNya penulis mampu menyelesaikan tugas dalam bentuk makalah dengan judul “Metodologi Penelitian Pendidikan”.
            Ucapan terima kasihpun kami hanturkan untuk dosen pembimbing mata kuliah”Metodologi Penelitian Pendidikan” beserta semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
            Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk meningkatkan kualitas penyajian makalah selanjutnya.
            Semoga makalah ini dapat menambah wawasan demi kebahagiaan dunia dan akhirat.

                                                                                    Makassar, 14 Oktober 2012

                                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
                                                                                                            Halaman
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI .......................................................................................................... ii
BAB I        Pendahuluan.......................................................................................... 1           
A.    Latar Belakang ............................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah .......................................................................... 2
BAB II       Pembahasan .......................................................................................... 3
A.    Pengertian Metodologi  Penelitian Pendidikan .............................. 3
1.      Pengertian Metodologi ..................................................... ....... 3
2.      Pengertian Penelitian ................................................................ 3
a.       Pengertian Penelitian Secara Khusus ................................. 3
b.      Penegertian Penelitian Secara Umum ................................ 5
3.      Pengertian Metodologi Penelitian  Pendidikan ........................ 6
B.     Jenis- jenis Penelitian .............................................................. ....... 6
1.      Penelitian Berdasarkan Pendekatan ......................................... 6
2.      Penelitian Berdasarkan Fungsinya ........................................... 7
3.      Penelitian Berdasarkan Tujuannya ........................................... 7
BAB III     Penutup ................................................................................................ 9
A.    Kesimpulan .................................................................................... 9
B.     Saran .............................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................       10


 
BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan, pencapaian ilmu adalah tujuan yang utama demi terciptanya kecerdasan bagi bangsa Indonesia. Ilmu tidak lain  dari pengetahuan yang terorganisir serta tersusun secara sistematis dan terintegralistik menurut kaidah umum. Ilmu dapat di temukan atau diketahui baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Bagi orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tentunya selalu menginginkan cara, langkah ataupun tindakkan untuk bisa memenuhi hasrat ingin tahunya, salah satu tindakan untuk mendapatkan, mangembangkan dan menguji kebenaran suatu ilmu pengetahuan ialah dengan melalui penelitian.
Berbicara tentang penelitian, kadang setiap orang memberikan tafsiran yang sama dengan metode ilmiah, atau hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu  alam, namun sebenarnya penelitian itu berlaku umum, baik itu ilmu alam maupun ilmu sosial.
Kami mencoba untuk mengkaji tentang salah satu unsur dari proses pendidikan, yaitu mengenai makna atau pegertian dan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan. Uraian yang akan dibahas dalam makalah ini merupakan dasar dari pembelajaran  tentang  pengertian dan jenis  metodologi penelitian pendidikan. Dengan adanya dasar tentang pembelajaran ini, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengetahui  alasan  pentingnya sebuah metode dalam suatu penelitian pendidikan agar mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan yang telah direncanakan.
Suatu penelitian pendidikan tentunya selalu di harapkan agar dapat menemukan atau  mendapatkan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, konsep, prinsip, dan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai proses pendidikan
Dengan adanya suatu metodologi, maka metode atau cara yang teratur dan terpikir baik untuk mencapai maksud, cara kerja sistematis untuk memudahkan pelaksanaan penelitian guna mencapai tujuan yang ditentukan.
B.       Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian metodologi penelitian pendidikan?
2.      Apa sajakah jenis-jenis penelitian?








BAB II
PEMBAHASAN
A.                Pengertian  Metodologi Penelitian Pendidikan
1.      Pengertian metodologi
“Secara bahasa metode berasal dari dua perkataan “meta” dan “hodos.” “meta” berarti ”melalui.” Dan ”hodos” berarti ”jalan atau cara”, bila ditambah “logi” sehingga menjadi “metodologi” berarti “ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui” untuk mencapai tujuan, oleh karena kata “logi” yang berasal dari kata yunani (Greek) “logos berarti akal” atau “ilmu”.” (D’Five, 2010)
Dengan demikian, metodologi dapat diartikan suatu jalan atau tindakan yang dilandasi dengan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah direncanakan sebelumnya.
2.      Pengertian Penelitian
a.      Pengertian Penelitian Secara Khusus
Ada beberapa pakar, yang memberikan definisi penelitian sebagai berikut:
1.      David H Penny
Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalahdan pemecahannyayang disertai dengan fakta..
2.      J. Supranto, M.A
Penelitian adalah suatu penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang diajarkan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip namun harus disertai dengan sabar, hati-hati, serta memerlukan tindakan yang sistematis.
3.      Sutrisno Hadi, M.A
Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
4.      .Mohammad Ali
Penelitian adalah suatu cara, metode serta tindakan yang dilakukan seseorang untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan maasalah iti, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga deperoleh pemecahannya.
                        (Hadi, 2005, 10)
5.      Menurut kamus Webster’s New International
Penelitian adalah tindakan yang ditempuh dengan disertai kehati-hatian untuk  mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang cerdas dan cerdik agar dapat memutuskan sesuatu. Hillway dalam bukunya Introdution to Research mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan dengan hati-hati agar ditemukan pemecahan masalah yang tepat. (kamus Webster’s New International yang dirujuk oleh Hillway, 1959 dalam Hadi; 2011:9)
b.      Pengertian Penelitian Secara Umum
Penelitian  adalah terjemahan dari kata research. Ada juga yang menerjemahkan research sebagai riset . Research itu sendiri berasal dari kata re yang berarti “kembali” dan to research yang berarti mencari. Dengan demikian arti sebenarnya dari research atau riset adalah “mencari kembali”. (Sumantri, 2011,6)
Penelitian merupakan suatu proses mengumpulkan dan menganalisis data atau informasi secara sistematis sehingga menghasilkan kesimpulan yang benar dan penelitian tersebut biasa menggunakan metode ilmiah.
Penelitian pendidikan adalah suatu upaya ilmiah untuk memahami masalah-masalah pendidikan dan fenomena-fenomena yang sedang terjadi di dalam dunia pendidikan, baik formal, non formal, maupun informal, seperti tingkat putus sekolah, kecepatan belajar, motivasi belajar, dan sebagainya.
Secara umum, penelitian adaalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisi data tersebut, tidak ;lepas dari penggunaan  metode-metode ilmiah baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif, eksperimental ataupun non eksperimental, interaktif atau non interaktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku. Dalam metodologi penelitian atau rancangan penelitian ini berisi rumusan tentang objek atau subyek yang akan diteliti, teknik-teknik pengumpulan data, prosedur pengumpulan dan analisis data berkenaan dengan focus masalah-masalah tertentu. (Sukmadinata,2011,5)
3.      Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi Penelitian ialah  Ilmu tentang metode teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya” (Che-3z, 2008)
Jadi, dari penjelasan diatas, kita dapat menarik sebuah  kesimpulan bahwa metodologi penelitian pendidikan ialah suatu jalan atau cara melakukan suatu proses pengumpulan dan analisis data yang berhubungan dan berkaitan dengan dunia kependidikan.
B.     Jenis-jenis Penelitian
1.      Jenis Penelitian Berdasarkan Pendekatan
Jenis penelitian berdasarkan pendekatan terbagi atas 2, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
a.       Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif merupakan sejenis penelitian formatif dengan menggunakan metode-metode dalam usaha untuk mendapatkan jawaban atau informasi mendalam tentang pendapat dan perasaan seseorang. Penelitian ini memeungkinkan untuk mendapatkan hal-hal yang tersirat (insight) mengenai sikap, kepercayaan, motivasi, dan perilaku target populasi. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan “mengapa”. (Sumantri, 166)
b.      Penelitian kuantitatif
Penelitian kuantitatif  ialah penelitian yang sifatnya dapat diukur.  Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan “seberapa banyak atau seberapa sering”. Proses pada penelitian kuantitatif ini mengejar bukti. (Sumantri, 166)
2.      Jenis Penelitian Berdasarkan Fungsinya
Penelitian berdasarkan fungsinya terbagi atas  tiga, yaitu:
a.          Penelitian Dasar (Basic Research)
Penelitian dasar ini bertujuan untuk mencari pengetahuan baru agar bisa menjadi solusi dalam pemecahan masalah. (Sukmadinata, 2011, 14)
b.         Penelitian Terapan (applied research)
Penelitian terapan ialah penelitian yang setelah dilakukannya suatu tindakan untuk pemecahan masalah, maka tentu ada pengetahuan atau ilmu yang dapat diketahui, nah ilmu tersebut biasanya diterapkan di dalam bidang pengetahuan. (Sukmadinata, 2011, 15)
c.          Penelitian Evaluatif (evaluation research)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peranan, manfaat, dan kelayakan program atau kegiatan tertentu. (Sukmadinata, 2011, 17)
3.      Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya
Jenis penelitian berdasarkan tujuannya di bagi atas :
a.       Penelitian Diskriftif (Discrictive research)
Penelitian diskriftif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena yang sebenarnya.( Sukmadinata, 2011, 18)
b.      Penelitian Prediktif (predictive research)
Penelitian ini bertujuan  untuk mengemukakan prediksi atau gambaran di masa yang akan datang berdasarkan hasil analisis saat ini. (Sukmadinata, 2011, 19)
c.       Penelitian Improftif (Improvtif research)
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu keadaan, kegiatan atau pelaksanaan suatu program. (Sukmadinata, 2011, 19)
d.      Penelitian Eksplanatif (explanative research)
Penelitian ini dtujukan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau variable. (Sukmadinata, 2011, 20)










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Metodologi penelitian pendidikan  ialah suatu jalan atau cara melakukan suatu proses pengumpulan dan analisis data yang berhubungan dan berkaitan dengan dunia kependidikan.
Jenis-jenis penelitian berdasarkan pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif, jenis penelitian berdasarkan fungsi, yaitu penelitian dasar, penelitian trepan dan penelitian evaluative, serta jenis-jenis penelitian berdasarkan tujuannya, yaitu penelitian deskriptif, prediktif, improftif, dan eksplanatif.
B.     Saran
Semoga makalah ini bermanfaat untuk memperkaya dan memperluas wawasan keilmuan kita  sebagai pembaca yang haus  akan ilmu pendidikan. Marilah kita menjadikan diri yang kaya akan pendidikan agar menjadi insan-insan yang terdidik,berbudi pekerti yang baik serta dan bermoral yang berpegang teguh pada agama masing-masing.





DAFTAR PUSTAKA
D’Five, Dominggos Keayse . 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. http://www.slideshare.net/DominggosKeayseDfive/tugas-kelompok-1-metodologi-pendidikan; 14 Oktober 2012
Sumantri, Arif. Metodologi Penelitian Kesehatan. Kencana, 2011
Sukmadinata, N.S. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. 2012
Hadi, Amirul, Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan.  Pustaka setia. 2005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar